Minggu, 20 April 2014

RAMUAN AKAR PASAK BUMI

AKAR PASAK BUMIyang di Malaysia dijuluki “TONGKAT ALI” ini sudah dikenal lama sebagai tumbuhan afrodisiak. Bagian yang ampuh memang akarnya. Di dalamnya terkandung puluhan senyawa bioaktif dengan berbagai variasi struktur kimia.
Namanya terdengar bombastis. Padahal, sosoknya bukanlah tanaman raksasa nan kuat hingga mampu menembus perut bumi. Nama yang terkesan melambangkan “kedigdayaan” itu rupanya berkaitan dengan daya linuwih (kemampuan lebih) yang dipunyainya, seperti yang diyakini  oleh banyak orang selama ini. AKAR PASAK BUMI mampu membuat pria kukuh dalam urusan ranjang, tak ubahnya sepotong pasak raksasa yang sanggup menghunjam bumi.tradisionalalami.com (35)

Tengok saja khasiatnya. AKAR PASAK BUMI (Eurycoma longifolia) mampu meningkatkan gairah seksual, kadar testosteron, jumlah sel sperma, kecepatan gerak sel sperma, dan intensitas ereksi. Tak berhenti di situ, AKAR PASAK BUMI juga tangguh melawan biang keroknya penyakit malaria
Pohon AKAR PASAK BUMI berbentuk langsing, jarang ada tumbuhan AKAR PASAK BUMI yang tingginya mencapai 10 m. Daunnya majemuk menyirip ganjil dengan ibu tangkai yang panjangnya sampai 1 m. Panjang daunnya 5 – 20 cm dan lebarnya 5 – 6 cm. Letaknya mengelompok di ujung ranting yang tebal dan, kalau luruh, meninggalkan bekas luka yang besar. Anak-anak daunnya berhadapan berbentuk lanset atau agak berbentuk bundar telur dengan ujung agak memancing.tradisionalalami.com (18)

Bunga AKAR PASAK BUMI berbentuk malai besar dan keluar dari bawah daun. bunganya berwarna merah kejinggaan dan seluruh bagiannya berbulu halus dengan benjolan kelenjar di ujungnya. Bunga AKAR PASAK BUMI jantan selalu dengan bakal buah steril (tidak bisa berkembang menjadi buah). Sedangkan bunga AKAR PASAK BUMI betina memiliki benang sari yang tak berfungsi. Bunganya ada lima kelopak berukuran kecil dengan panjang 1 mm, berbentuk segi tiga. Mahkota bunganya lima, kebanyakan berbentuk bundar telur dengan panjang 5 mm dan lebar 3 mm.

Buah AKAR PASAK BUMI berjumlah hingga lima buah dengan letak memencar. Berbentuk bulat telur, panjang 10 – 20 mm dan diameter 5 – 12 mm, dengan tangkai sepanjang 3 mm. Warnanya kuning waktu muda dan merah saat sudah tua. Dari contoh-contoh herbaria ternyata AKAR PASAK BUMIberbunga dan berbuah sepanjang tahun. Penyerbukannya diduga dilakukan oleh serangga lantaran bunganya yang agak harum baunya.tradisionalalami.com (30)

AKAR PASAK BUMI tidak cuma tersebar di Kalimantan, tapi juga tumbuh di Sumatra,Semenanjung MalaysiaThailandMyanmar SelatanLaosKamboja, dan VietnamAKAR PASAK BUMI menyukai tanah agak asam serta berpasir. la tumbuh di hutan primer atau sekunder. Sering pula tumbuh di hutan-hutan pantai atau dataran rendah, dan jarang tumbuh di daerah dengan ketinggian lebih dari 500 m di atas permukaan laut.
Dalam penelitian AKAR PASAK BUMI farmaklogis menggunakan tikus sebagai hewan percobaan membuktikan hal itu. Ekstrak etanolik (menggunakan pelarut etanol) AKAR PASAK BUMI membuat tikus jantan menjadi sangat aktif terhadap tikus betina.tradisionalalami.com (64)

Namun, sejauh ini senyawa bioaktifnya yang bikin tikus jantan mabuk kepayang belum diketahui. Diperkirakan, senyawa itu alkaloid, senyawa dengan struktur kimia menyerupai yohimbin dalam tumbuhan Pausinytalia yohimbe (K. Schum.) Pierre.
Tanpa mempersoalkan senyawa bioaktifnya, kenyataan menunjukkan bahwa ekstra etanolik ataupun ekstrak akuatik (menggunakan pelarut air) akar pasak bumi saja sudah menunjukkan sifat afrodisiak. Dari percobaan diketahui, tikus jantan yang diberi ekstrak akuatik dan etanolik AKAR PASAK BUMImenjadi lebih aktif terhadap tikus betina ketimbang tikus jantan yang tidak mendapat ekstrak yang sama.
Bahkan saking aktifnya, tikus jantan sampai menabrak dinding pemisah kandang agar bisa masuk ke kandang tikus betina. Sebaliknya, tikus jantan yang tidak diberi ekstrak akar pasak bumi tenang-tenang saja tingkah lakunya.
Penelitian ini diperkuat oleh penelitian H.H. Ang dan M.K. Sim bahwa ekstrak AKAR PASAK BUMIbenar-benar membangkitkan nafsu seksual tikus jantan sampai berkali-kali menunggangi tikus betina, mengalami ejakulasi, dan sebagainya. Penelitian yang sama bahkan menunjukkan, ekstrak AKAR PASAK BUMI meningkatkan indeks ereksi penis tikus jantan.tradisionalalami.com (67)

Menurut Prof. Dr. Johari Mohd. Saad dari Universiti Malaya, jumlah sperma tikus jantan itu juga meningkat dan gerakannya lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak diberi ekstrak AKAR PASAK BUMI . Malah, jika tidak ada tikus betina dalam kandang, tikus jantan yang diberi ekstrak akar pasak bumi akan melakukan tindakan homoseksual terhadap tikus jantan lain. Namun, bila tikus bila tikus betina disuntik dengan ekstrak pasak bumi, ia justru ogah melakukan hubungan suami-istri
 Dan dari penelitian UNS-F.Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran
 AKAR PASAK BUMI  mengandung antioksidan SOD yang dapat mengurangi pembentukan NAPQI sebagai hasil metabolisme parasetamol. Ini semuaberdasarkan dari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak AKAR PASAK BUMIdalam mengurangi kerusakan histologis sel hepar tikus putih (Mus musculus) akibat pemberian parasetamol.
Dengan metode penelitian : Penelitian ini bersifat eksperimental laboratorik dengan post test only controlled group design. Sampel berupa tikus putih (Mus musculus) jantan, galur Swiss webster berumur 2-3 bulan dengan berat badan ± 20 g. Sampel sebanyak 28 ekor dibagi dalam 4 kelompok. Kelompok kontrol (KK), tikus putih diberi aquades 0,2 ml peroral perhari selama 14 hari.
perlakuan 1 (KP1) tikus putih diberi aquades 0,1 ml peroral perhari selama 14 hari dan parasetamol dosis 0,1 ml/ 20gBB tikus putih pada hari ke 12, 13, dan 14. Kelompok perlakuan 2 (KP2), tikus putih diberi ekstrak AKAR PASAK BUMIdosis 14 mg/20gBB dan parasetamol dosis 0,1 ml/20gBB tikus putih pada hari ke 12, 13, dan 14. Kelompok perlakuan 3 (KP3) tikus putih diberi ekstrak AKARPASAK BUMI dosis 21 mg/20gBB dan parasetamol dosis 0,1 ml/20gBB tikus putih pada hari ke 12, 13, dan 14. Hari ke-15 tikus putih dikorbankan kemudian hepar tikus putih dibuat preparat dengan metode blok parafin dan pengecatan Hematoksilin Eosin (HE).tradisionalalami.com (67)

H,lgPenilaian berdasarkan kerusakan histologis sel hepar berupa inti piknosis, karioreksis, dan kariolisis. Hasil Penelitian : Hasil uji One-Way ANOVA menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara keempat kelompok perlakuan. Hasil uji Post Hoc menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara KK-KP1, KK-KP2, KP1-KP2, KP1-KP3, KP2-KP3 dan menunjukkan perbedaan yang tidak bermakna antara KK-KP2. Simpulan Penelitian : Ekstrak Akar Pasak Bumi dapat mengurangi kerusakan histologis sel hepar tikus putih (Mus musculus) akibat pemberian parasetamol.Kata kunci: Ekstrak pasak bumi (Eurycoma longifolia), parasetamol, kerusakan sel hepar
moga bermanfaat. salam sehat sehat selalu
all is well
BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI DENGAN BERgabung di komunitas kami: OBAT HERBAL PASAK BUMI(PENGOBATAN ALTERNMATIF DAN KONSULTASI) !
by siswo hasan (pengasuh taman pengobatan alternatif dan islami "YASYFIIN) serta  (pelatih muda ilmu bela diri dan kanuragan di IPSI PS cabang P.Bun)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar